"Berkhayal lah seluas biru langit, berpikir lah sedalam biru laut, horizontal sama rata sama rasa. Buka jendelamu lalu pandanglah, buka pintumu ayo keluarlah, bebas lepas lepaskan kebebasan. Jangan takut keluarlah, hadapi dunia dengan menari" [Slank Dance].

Saturday 10 September 2011

Nonton Pas Band

Finally saya bisa melihat langsung penampilan live dari Pas Band. Band asal Bandung yang saat ini digawangi oleh Yuke (Vokal), Bengbeng (Gitar), Trisno (Bass), dan Sandy (Drum) tampil di Jember dalam rangka Surya ProMild Tour 2011. Acara konser sendiri di gelar di Stadion Universitas Jember, pada hari Sabtu 10 September 2011. Selain Pas Band, tampil pula Five Minutes, dan K2 Reggae (Band Lokal Jember).

Acara konser dimulai kurang lebih pada jam 20.00 WIB, dibuka dengan penampilan dari K2 Reggae yang menyuguhkan lagu berirama reggae. Setengah jam kemudian penonton yang sebagian besar adalah kalangan ABG, khususon kaum hawa, dibuat mabuk kepayang [halah lebay] oleh penampilan Five Minutes. Honestly saya nggak begitu paham dengan lagu-lagu yang dibawakan Five Minutes saat itu [katrok banget deh saya]. Sebenarnya sih saya tahu Five Minutes, tapi Five Minutes yang saya kenal adalah Five Minutes saat formasi awal [sekitar tahun 90-an], setelah sekian lama vakum dan band ini muncul dengan formasi dan lagu-lagu baru, saya sudah nggak mengikutinya lagi.

Setelah penampilan dahsyat Five Minutes usai, tampillah Pas Band. Yeah... salah satu band yang saya idolakan dan sangat ingin saya tonton penampilan live nya. Dulu pas jaman kuliah dan masih aktif nge-band, saya dan teman-teman sering membawakan lagu-lagu dari Pas Band. Lirik yang idealis, irama rock dengan sedikit bumbu punk yang cukup menghentak menjadi alasan kami untuk membawakan lagu-lagu Pas Band saat itu.
Back to stage... penonton konser mulai berkurang. Penonton yang umumnya hanya ingin melihat penampilan Five Minutes, dan kurang begitu familiar dengan Pas Band satu persatu mulai meninggalkan arena konser. Beda dengan saya, saat Five Minutes tampil, saya hanya duduk dan ngobrol dengan teman saya sambil menikmati rokok dan kopi. Begitu Pas Band tampil saya pun berdiri, agar bisa melihat dengan jelas penampilan live mereka. Sebenarnya sih nggak bisa melihat dengan jelas banget, karena posisi saya berada di belakang, agak jauh dari panggung. Entah mengapa, untuk saat ini tiap nonton konser saya memilih untuk melihat agak jauh dari panggung, nggak seperti jaman kuliah dulu yang selalu jejingkrakan di barisan depan panggung... Faktor usia kali yah hahaha...

Sejuta Harapan, Impresi, Kumerindu, Yobeagger, Aku, Kesepian Kita, adalah beberapa lagu [yang saya ingat] yang dibawakan oleh Pas Band. Lagu Jengah menandai akhir dari penampilan Pas Band disusul dengan pesta kembang api. Sempat beberapa kali terjadi trouble pada peralatan saat Pas Band manggung, selain itu crowd dari penonton yang kurang [karena saya lihat penonton yang tahu lagu-lagu Pas Band sangat sangat sedikit] semakin menambah penampilan Pas Band kurang maksimal. Saat tampil membawakan lagu, sempat juga terjadi miss communication antar personel Pas Band. Dulu saya pernah lihat video penampilan Pas Band kolaborasi dengan SLANK yang juga sempat terjadi miss communication. Entah kurang latihan atau memang gaya panggung Pas Band yang terkesan flow like a river di atas panggung hingga miss communication antar personel bukan menjadi suatu hal yang perlu dipermasalahkan, saya sendiri pun nggak tahu.
Malam itu Five Minutes mungkin memang layak menjadi bintang panggung, tapi bagi saya pribadi, Pas Band tetap numero uno, saya cukup puas bisa menonton penampilan Pas Band secara live.

share on facebook

0 Komentar:

Post a Comment