"Berkhayal lah seluas biru langit, berpikir lah sedalam biru laut, horizontal sama rata sama rasa. Buka jendelamu lalu pandanglah, buka pintumu ayo keluarlah, bebas lepas lepaskan kebebasan. Jangan takut keluarlah, hadapi dunia dengan menari" [Slank Dance].

Monday 4 June 2012

Aku Malu


Aku nggak tau pasti umur berapa umur beliau. Menurut beliau, teman-teman sebayanya sudah banyak yang meninggal. Wajahnya yang keriput dan badannya yang ringkih mengisyaratkan kalau usia beliau sudah sangat sepuh. Sesekali napasnya terengah-engah karena asma ringan. Tapi saat kumandang adzan tiba, dengan pasti beliau segera menunaikan ibadah sholat.
Sholat wajib lima waktu pasti dilaksanakan. Bangun jam 3 pagi untuk menunaikan ibadah sholat tahajjud pun kerap dilakukan. Saat berdiri dirasanya tidak kuat, beliau akan tetap sholat dengan posisi duduk. Bahkan saat bulan Ramadhan tiba, beliau masih berpuasa selama sebulan penuh. Subhanallah. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan kepada beliau, sehingga tetap bisa beribadah dengan lancar. Amin.

Saat itu adalah hari Jum'at. Aku berangkat sholat Jum'at bersama beliau. Aku lihat langkah beliau yang pelan dan tertatih-tatih, tapi tidak pernah menyurutkan niat beliau untuk menuju masjid di belakang rumah beliau. Aku merasa malu. Seakan-akan wajah ini tertampar keras sekali. Beliau yang sudah sangat sepuh masih berusaha menjalankan perintah Allah SWT dengan penuh istiqomah. Sedangkan aku yang masih muda, badan masih sehat dan kuat, kadang-kadang sembrono dalam menjakankan perintah agama. Ya Allah ampunilah dosaku.

Sebuah pelajaran berharga yang aku dapat dari semangat beliau. Dari beliau yang sudah tua. Dari beliau seorang pensiunan Veteran. Beliau adalah Kakekku.

share on facebook

0 Komentar:

Post a Comment