"Berkhayal lah seluas biru langit, berpikir lah sedalam biru laut, horizontal sama rata sama rasa. Buka jendelamu lalu pandanglah, buka pintumu ayo keluarlah, bebas lepas lepaskan kebebasan. Jangan takut keluarlah, hadapi dunia dengan menari" [Slank Dance].

Friday 1 May 2009

Mencoba Memperbaiki Friendster yang Kena Hack

Pertama, log in ke friendster dan langsung aja masuk ke bagian settings. Atau kalo misalnya sudah log in, langsung klik www.friendster.com/editaccount.php Nah, setelah masuk ke bagian panel settings, sekarang langkah pertama adalah menjalankan safe mode/mode aman ala friendster.

Ubah posisi safe mode yang semula no menjadi yes. Gunanya adalah untuk menonaktifkan semua script dan perintah HTML yang ada di dalam profile. Nah, setelah selesai sekarang kita menuju profile awal. Loh, kok codenya semua berantakan? Nggak usah khawatir. Ini hanya sementara kok untuk fixing masalah orang ga jelas a.k.a orang jahil yang tadi. hehe. Ok, sekarang kita menuju ke bagian comments. Silakan klik http://www.friendster.com/comments.php untuk melihat dan menelaah comment yang patut untuk dicurigai.

Bagaimana kita bisa tahu itu comments orang yang jahil apa enggak? Caranya gampang kok, isinya itu pasti code yang aneh-aneh. Pokoknya rumit deh untuk dijelasin, hehe. Jangan ragu, langsung aja delete tuh comments. Biasanya, comment orang jahil itu akan bekerja jika ada pada halaman awal comment kita. Kalo dia udah ganti ke halaman ke dua dan seterusnya perintah basic HTML itu ga akan berpengaruh pada profile kita. Jadi yang perlu kita cari adalah comment pada halaman awal aja. Nah, setelah selesai di delete. Sekarang kita balik ke bagian settings panel lagi. Ubah posisi safe mode yang sekarang yes menjadi kembali seperti semula (no). Sekarang lihat kembali profile inti, sudah hilang kan? Dan profile kamu udah kembali seperti semula. Semoga menjadi pelajaran bagi teman-teman semua.

Satu cara lagi agar friendster kita lebih aman dari orang jahil. Jangan merubah settings approve comments automatically menjadi always! Itu syarat utamanya. Silahkan rubah setting tersebut menjadi teman saja. Fungsinya agar kita lebih selektif untuk memfilter semua comments yang masuk, agar kasus serupa tidak terjadi lagi.


share on facebook

0 Komentar:

Post a Comment