"Berkhayal lah seluas biru langit, berpikir lah sedalam biru laut, horizontal sama rata sama rasa. Buka jendelamu lalu pandanglah, buka pintumu ayo keluarlah, bebas lepas lepaskan kebebasan. Jangan takut keluarlah, hadapi dunia dengan menari" [Slank Dance].

Tuesday, 20 April 2010

Oh...Hujan


Tik...tik...tik... bunyi hujan di atas genting, Airnya turun tidak terkira, Cobalah tengok dahan dan ranting, Pohon dan kebun basah semua...


Hmmm...masih musim hujan ternyata, dingin, basah. Tapi karena hujanlah, akhirnya saya memposting tulisan ini [sambil menyruput kopi hangat dan menghisap rokok tentunya] haha...


Hujan...kadang begitu menyenangkan, kadang begitu menyebalkan [ya itulah hidup...ada dua sisi berbeda yang saling melengkapi...subhanallah]. Akan tetapi terlepas dari rasa menyenangkan atau menyebalkan, ternyata ada beberapa informasi menarik tentang Hujan yang [mungkin] belum kita ketahui.

Berikut saya sampaikan beberapa informasi menarik tersebut :

  • Rata-rata kecepatan jatuhnya air hujan hanyalah 8-10 km/jam.
  • Air jatuh ke bumi dengan kecepatan yang rendah karena titik hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan yang lebih rendah. Andaikan bentuk titik hujan berbeda, atau andaikan atmosfer tidak memiliki sifat gesekan [bayangkan jika hujan terjadi seperti gelembung air yang besar yang turun dari langit], bumi akan menghadapi kehancuran setiap turun hujan.
  • Ketinggian minimum awan hujan adalah 1.200 meter.
  • Efek yang ditimbulkan oleh satu tetes air hujan yang jatuh dari ketinggian tersebut sama dengan benda seberat 1 kg yang jatuh dari keting-gian 15 cm.
  • Awan hujan pun dapat ditemui pada ketinggian 10.000 meter.
  • Dalam satu detik, kira-kira 16 juta ton air menguap dari bumi.
  • Jumlah ini sama dengan jumlah air yang turun ke bumi dalam satu detik. Dalam satu tahun, diperkirakan jumlah ini akan mencapai 505 x 1.012 ton. Air terus berputar dalam daur yang seimbang berdasarkan “takaran”.
  • Butiran air hujan berubah bentuk ratusan kali tiap detik.
  • Kalau butiran air hujan itu dibekukan akan membentuk keping kristal yg indah, tidak seperti air biasa yang di bekukan di freezer atau kulkas.
  • Setelah hujan turun, tanah, ilalang, rerumputan akan mengeluarkan bau wangi yg khas, senyawa ini dinamakan "petrichor".
  • Hujan memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia untuk me-resonansi-kan ingatan masa lalu. Dan tanpa bisa mendapatkan bukti ilmiah, para ilmuan hanya bisa menyimpulkan “Di dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yg rindu”. Dan pada titik ini, para ilmuan meyakini bahwa manusia biasanya mendapatkan inspirasi.
  • Fakta terakhir mengenai hujan yang cukup mengejutkan. Ternyata saat hujan turun dengan derasnya, dapur di rumah saya banjir, karena gentingnya ada yang berlobang...hahaha [nggak penting banget dah].
Itulah sedikit informasi mengenai hujan. Ya...mumpung masih musim hujan, mari kita cari inspirasi-inspirasi positif, jangan cuma cari "kehangatan" aja ya...hahaha...piss ah.


share on facebook

2 Komentar:

BLOGGOBLOG KAMPUNGAN said...

nek udan, enak e udan udanan (hujan²an lho maksute) wkwkwkkw....

Nice Info

Wisnu said...

trus nek loro [sakit maksudte] sing ngeroki sapa? hahaha....

Post a Comment