"Berkhayal lah seluas biru langit, berpikir lah sedalam biru laut, horizontal sama rata sama rasa. Buka jendelamu lalu pandanglah, buka pintumu ayo keluarlah, bebas lepas lepaskan kebebasan. Jangan takut keluarlah, hadapi dunia dengan menari" [Slank Dance].

Saturday 24 April 2010

Suka Duka Seorang OP Warnet


OP atau Operator di warnet adalah orang yang biasanya menjadi penjaga warnet, duduk di depan monitor server, merangkap kasir, sekalian melayani client [pengguna warnet]. Melayani dalam hal ini perlu ditegaskan, bahwasannya hanya sebatas membantu client mengatasi permasalahan-permasalahan seputar internet dan komputer yang bermasalah. Tidak lebih...!! Jadi arti melayani di sini bukan berarti client bisa seenaknya nyuruh-nyuruh OP warnet untuk melakukan hal-hal yang tidak sepatutnyaa dilakukan oleh OP warnet, walaupun mengatas namakan "Konsumen Adalah Raja". Semisal client minta dikipasi, minta dipijiti [begh...nuwun sewu... sepurane yo... ora sudi...!! gundulmu, mbok pikir aku jongosmu...!!] hahahaha....

Penulis mengangkat judul di atas, karena begitulah profesi sang penulis. Ya...penulis adalah OP warnet di Funny Computer Bangsalsari Jember. Walaupun sebenernya juga sebagai pemilik sih. Bisa di bilang penulis adalah Bos sekaligus Jongos hahaha....

Dimana-mana dan apapun kerjaannya pasti ada suka dukanya, begitu juga menjadi seorang OP warnet. Berikut penulis sampaikan beberapa suka duka menjadi seorang OP warnet. Tulisan ini hanya sebatas pengalaman penulis saja. Jadi mohon maaf kalo kurang berkenan di hati para pembaca sekalian.

Suka citanya menjadi seorang OP warnet :
  • Bisa nge-net gratis sepuasnya [eh...nggak gratis juga ding, masalahnya tiap bulan juga nyetor ke ISP buat bayar koneksi internetnya hahahaha...]
  • Bisa banyak belajar. Semua ilmu yang ingin dicari, entah itu ilmu positif atau ilmu negatif, ya internet lah tempatnya.
  • Menambah banyak teman. Teman bisa dari client yang menjadi langganan atau pun teman dari dunia maya, melalui situs jejaring sosial atau melalui aplikasi chat yang lain.
  • Kalo pengunjung banyak dan usaha lancar, ya Alhamdulillah rejeki juga lancar [lumayan bisa buat bayar kredit sepeda hahaha...]
Duka derita menjadi seorang OP warnet :
  • Harus sabar. Apalagi kalo menghadapi client yang cerewet plus ngeyel. Begh....ampun dah, kesabaran bener-bener diuji, jangan sampai kalap lah pokoknya. Walau dari hati kecil sebenernya pengen banget nabok tuh client.
  • Melawan rasa bad mood. Rasa ini sebenernya bisa menyerang siapa saja dan apapun pekerjaannya. Kalo' udah bad mood emang susah, mau ngapa-ngapain males. Tapi seorang OP warnet dituntut untuk mengatasi hal ini, apalagi saat membantu client yang ada masalah dalam ber-internet ria. Walau bad mood harus tetap dikerjakan.
  • Harus betah melek. Ya...seorang OP warnet memang dituntut untuk melawan rasa kantuk, apalagi kalo' jaga malam hari. Kopi lah teman satu-satunya yang bisa diandalkan.
  • Menguasai diri saat ada ancaman dari pihak ketiga. Pihak ketiga yang dimaksud di sini adalah ISP penyedia koneksi internet dan perusahaan listrik. Ada kalanya kedua perusahaan itulah [ISP dan perusahaan listrik] yang menyebabkan timbulnya bad mood. Entah itu karena koneksi yang tiba-tiba disconnect atau lelet habis atau mungkin tiba-tiba listrik padam. Jujur kalo' itu terjadi mangkel banget rasa di hati. Ya rasa mangkel itu bercampur aduk dengan rasa nggak enak aja sama client. Tapi ya mau gimana lagi toh itu "kesalahan" pihak ketiga. Hehehe...
Itulah sekelumit suka duka seorang OP warnet yang penulis alami. Pengalaman tersebut bisa saja sama atau malah berbeda dengan OP-OP warnet yang lain. Intinya kerja apapun itu ya harus sabar, sering-sering senyum sama konsumen [apalagi kalo' konsumennya cantik hahaha...], harus ikhlas. Biar rejekinya barokah. Amin.

Oiya...ini ada tambahan sedikit percakapan antar seorang OP warnet dengan clientnya. Silahkan disimak.

O = Operator
C = Client

C : Mas bikinin facebook dong
O : Email nya apa, mbak?
C : Nggak punya...!! Bikinin sekalian aja deh mas...!!
O : Besok kesini lagi deh mbak, jangan lupa bawa KTP + KK + Akte Kelahiran ya [sambil meneteskan air mata]

C : Mas, saya kok gak bisa buka facebook ya
O : Saya nggak tau. Password nya salah kali tuh, coba ketik ulang
C : Emang paspor facebook saya apa sih mas?
O : Nggak tau mbak. Coba aja tanya sama kedutaan, kali aja dia tau [sambil membenturkan kepala di meja OP]

C : Mas saya mau ngelamar kerjaan lewat internet
O : Mas punya email?
C : Nggak punya mas, kata temen saya nyari kerja di internet gampang. Minta di cariin aja sama yang jaga-nya
O : Wah kalo' gampang, saya nggak kerja disini...!! [sambil minum kopi yang masih sangat panas]

C : Mas, saya ada tugas bikin artikel nih
O : Tentang apa?
C : Tentang tokoh pahlawan Indonesia
O : Cari aja di wikipedia.
C : Ah males mas, lagian saya nggak ngerti. Mas cariin yah, besok saya kesini lagi
O : Besok saya udah nggak kerja disini lagi...!! [sambil buru-buru ngetik surat resign]

C : Mas, kok saya upload foto lama bgt sih. LOLA nih internet nya
O : Emang berapa foto yang mau di upload?
C : Cuma 100 foto doang kok
O : [ambil kresek dan langsung muntah]

C : Mas mau maen internet dong
O : Waduh lagi penuh tuh dek warnet nya
C : Ada yang udah mau selesai nggak mas?
O : Emmm...coba aja adek tanyain satu satu client yang lagi nge-net [sambil meremas mouse]

C : Mas, ada yang kosong nggak?
O : Semua nya kosong. Kan lagi mati lampu
C : Oh...idup nya lagi kapan ya mas?
O : Saya OP warnet mbak. Bukan petugas PLN
[sambil masukin jari tangan ke stop kontak dan berharap listrik segera menyala]

C : Mas, saya mau pakek'in PASPOR di MIKROSKOP word saya dong
O : Nggak usah pake paspor mbak kalo mau pake' mikroskop mah. Emang nya mbak mao naek haji
[sambil tertunduk dengan lesu]

share on facebook

7 Komentar:

Unknown said...

Hwaaaaaaaaaaaa........
"Tidak Selamanya Client Adalah Raja" ckakakaka...

Kalau bukan tuntutan Profesi Mungkin para OP "sangu" pistol buat membunuh & mencabik client nya kwkwkwk....

kesengsem said...

wkwkwkwkwkwk............. emang kudu sabar jadi OP, OP emang pekerjaan yang mulia hahahahaha............

Y@NN'S said...

wawakww...keren broo,,,,q suka crita lo...sama dritanya TT_TT

Wisnu said...

hehe... tengkyu atas kunjungan dan komennya smua... bener OP adalah pekerjaan mulia... sungguh mulia [walo' sesekali menyiksa...halah..] haha... hidup OP..!!

Unknown said...

Wuahahhaha....
Onok OP nglumpuk ndek kene...ckakakakkaka....

Salam Operator...ckakakka....

Anonymous said...

wakakakakakakak ... pinteran OP dari pada client, walaupun kadang² nya berdasi, tp masih tetep aja nanya ma OP nya =))

/me OP net di Cirebon neh, itu cerita diatas persis banget kejadian sehari-hari ...

asli dah ngakak ! =)) =))

srulz said...

saya juga ngerasa'in mas....
wkwkwkw....

dan itulah yang dinamakan perjuangan... ^_^

Post a Comment