"Berkhayal lah seluas biru langit, berpikir lah sedalam biru laut, horizontal sama rata sama rasa. Buka jendelamu lalu pandanglah, buka pintumu ayo keluarlah, bebas lepas lepaskan kebebasan. Jangan takut keluarlah, hadapi dunia dengan menari" [Slank Dance].

Thursday 20 May 2010

Selamat Jalan Mbah...


Innalillahi Wa Inna Illahi Rojiun. Dunia seni Indonesia kembali berduka, hari ini Kamis, 20 Mei 2010 Sang Maestro Keroncong asal Solo, Gesang Martohartono meninggal dunia karena sakit. Tidak dipungkiri bahwasannya Mbah Gesang pencipta lagu Bengawan Solo yang tersohor tersebut memang sudah sepuh.

Mbah Gesang banyak menciptakan lagu-lagu keroncong yang melegenda, diantaranya Jembatan Merah, Ojo Lamis, dan Caping Gunung. Bahkan lagu Bengawan Solo sendiri telah diterjemahkan kurang lebih ke dalam 13 bahasa. Dan Alhamdulillah banyak lagu-lagu dari beliau [kalau tidak salah ada 44 buah lagu] telah dipatenkan dan telah mendapat pengakuan dari Direktorat Jenderal Hak atas Kekayaan Intelektual Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia sejak 1 Oktober 2009. [sumber]

Selamat jalan Mbah, semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah panjenengan. Kami akan terus mengenang dan melestarikan karya-karya njenengan.

*Jadi keinget waktu jaman kuliah dulu, lesehan minum kopi, nggenjreng gitar kecruk [gitar kecil, biasanya terdiri dari 4 senar], sambil menyanyikan lagu Bengawan Solo*

share on facebook

0 Komentar:

Post a Comment