"Berkhayal lah seluas biru langit, berpikir lah sedalam biru laut, horizontal sama rata sama rasa. Buka jendelamu lalu pandanglah, buka pintumu ayo keluarlah, bebas lepas lepaskan kebebasan. Jangan takut keluarlah, hadapi dunia dengan menari" [Slank Dance].

Tuesday 1 June 2010

Biar Nggak Cepat Lelah


Tips ini ditujukan bagi mereka yang bekerja di depan monitor, khususnya bagi anda-anda Operator Warnet, yang se profesi dengan saya... [salam Operator...!!].
Ini hanya postingan sederhana yang saya dapat dari pengalaman pribadi. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda.

Tidak dipungkiri bahwasannya bekerja di depan monitor dalam jangka waktu yang relatif lama dapat menyebabkan rasa lelah, baik itu lelah di mata maupun lelah di sekujur badan [halah... segitunya haha...], nah untuk mengurangi rasa lelah tersebut coba praktekkan langkah-langkah sederhana berikut ini :

  • Usahakan mata jangan terlalu lama fokus di depan monitor, sesekali lihatlah objek lain selain monitor, semisal : menengok ke arah kanan, kiri, bawah, atau atas, mengamati benda-benda di sekitar meja kerja [sekali lagi selain monitor], atau mungkin bisa juga mengamati photo pacar anda, atau mungkin mengamati client cakep yang sedang nge-net.
  • Rileks kan posisi duduk anda, kemudian kedipkan mata beberapa kali, untuk terakhir kalinya pejamkan mata anda lalu tarik nafas panjang dan keluarkan sambil buka mata anda.
  • Sesekali keluar dari ruangan kerja anda [tapi jangan terlalu sering, dikhawatirkan bos anda akan marah]. Semisal, keluar ke teras depan atau teras samping atau dimana saja lah, kemudian buat gerakan-gerakan kecil, seperti memutar kepala [jangan kenceng-kenceng lho, ntar patah hahaha...], menggerak-gerakkan tangan dan kaki.
  • Bagi anda yang suka minum kopi dan merokok, tidak ada salahnya anda nikmati hobi anda yang satu ini. Jika ruangan anda tidak ber-AC anda dapat melakukan hobi anda di ruangan kerja anda, sebaliknya jika ruangan kerja anda ber-AC anda dapat melakukannya di luar ruangan kerja anda [seperti di teras depan tadi]. Nikmati acara merokok dan minum kopi dengan santai dan dengan pikiran yang tenang.
  • Nikmati suasana kerja anda, walau terkadang suasana kerja tidak nyaman, cobalah untuk tidak terpancing emosi, karena emosi akan membuat anda cepat lelah.

Demikian sedikit tips dari saya. Semoga bermanfaat. Amin.....

share on facebook

0 Komentar:

Post a Comment