"Berkhayal lah seluas biru langit, berpikir lah sedalam biru laut, horizontal sama rata sama rasa. Buka jendelamu lalu pandanglah, buka pintumu ayo keluarlah, bebas lepas lepaskan kebebasan. Jangan takut keluarlah, hadapi dunia dengan menari" [Slank Dance].

Saturday, 19 February 2011

Warung Kopi

Selamat berjumpa kembali bersama saya metal!!. Kali ini saya akan membahas tentang sebuah entitas yang bernama WARUNG KOPI. Kebetulan saya adalah penggemar minuman kopi dan gemar nongkrong di warung kopi pinggir jalan, atau dalam bahasa Jawa Timur dikenal dengan CANGKRUKAN. Sebelum saya membahas lebih jauh, alangkah baiknya jika saya jelaskan dulu apa itu WARUNG KOPI dan apa itu CANGKRUKAN.

Dijelaskan dalam Kitab Kanjeng Raden Mas Tumenggung Wisnu berguling di lantai, bahwasannya WARUNG KOPI adalah sebuah tempat yang menjual minuman kopi. Tempatnya umumnya berupa warung sederhana kaki lima di pinggir jalan. Lho, kenapa harus ada embel-embel 'sederhana dan kaki lima di pinggir jalan?' Karena kalo' nggak berwujud warung sederhana atau kaki lima di pinggir jalan, tempat minum kopi tersebut disebut CAFE atau lebih keren lagi disebut STARBUCK COFFEE. Di WARUNG KOPI selain menjual minuman kopi, biasanya juga disertakan minuman lainnya, seperti teh hangat, es teh, plus gorengan ala kadarnya macam pisang goreng, tahu isi goreng, dan lain-lain. Bahkan ada yang melengkapi dengan makanan berat bermenu sederhana, seperti sego kucing dan nasil pecel. Sementara CANGKRUKAN adalah bahasa khas Suroboyo, yakni kegiatan berkumpul atau kongkow-kongkow bersama yang kemudian akan terjadi sebuah interaksi dialog ngalur-ngidul. CANGKRUKAN atau NYANGKRUK identik dengan kumpul bersama di warung kopi.
Mohon maaf, jika seluruh pengertian di atas
mbulet dan bahasanya tidak beraturan. Karena demikianlah adanya yang tertuang dalam Kitab Kanjeng Raden Mas Tumenggung Wisnu. Jadi jangan protes ya tersenyum lebar.


Lalu apa menariknya sebuah WARUNG KOPI?? Seperti saya jelaskan di atas, bahwasannya WARUNG KOPI itu adalah sebuah entitas, artinya ada keunikan di sana. WARUNG KOPI adalah sebuah simbol keberagaman, kebebasan, kebersamaan dan kerukunan, serta kesetaraan. Di WARUNG KOPI ada tukang becak, ada kuli, ada tukang parkir, ada pengamen, ada pengemis, ada pekerja kantoran, bahkan ada politisi dan calon wakil rakyat di situ. Di WARUNG KOPI ada obrolan tentang situasi terkini, ada obrolan tentang politik, ada obrolan mesum, ada gosip dan gunjingan, ada yang mengeluh dan berkesah, ada yang bahagia, ada celetukan jancok di situ. Ya... ada beragam jenis manusia dan obrolan di WARUNG KOPI.

Di WARUNG KOPI anda bebas duduk
njengking, bebas duduk methangkring dengan satu atau bahkan dua kaki sekaligus, anda bebas merokok, anda bebas mengumpat, anda bebas tertawa lepas. Di WARUNG KOPI anda bebas duduk berjam-jam hanya dengan menghadap segelas kopi. Ya... ada kebebasan di situ.


Mulai dari tukang becak, kuli, tukang parkir, pekerja kantoran, calon wakil rakyat. Orang yang berpenampilan sederhana sampai yang necis, semuanya duduk bersama dan setara. Orang yang hanya sekedar melepas lelah, menghilangkan kejenuhan, sedikit melupakan rutinitas hidup, sampai orang yang tujuannya pingin kampanye, semuanya rukun di situ. Ya... ada kebersamaan, kerukunan, dan kesetaraan di WARUNG KOPI.


Seluruh keunikan WARUNG KOPI kiranya membuat saya betah untuk ada di dalamnya. Entah mengapa saya sendiri kurang suka pergi ke CAFE atau STARBUCK COFFEE, padahal keduanya sama-sama menawarkan minuman kopi. Mohon maaf, bukannya saya nggak mampu beli atau bayar menu di CAFE ataupun STARBUCK COFFE, tapi saya merasa belum menemukan keberagaman, kebebasan, kebersamaan dan kerukunan, serta kesetaraan di situ tersenyum lebar. Itulah alasan saya lebih suka nongkrong di WARUNG KOPI pinggir jalan.

Sudahkah anda ngopi hari ini?? Yuk... NYANGKRUK...!!
kopi

share on facebook

6 Komentar:

Takuya said...

di starbuck coffe mana boleh macam-macam ya, hehe

omyosa said...

Yth. Saudaraku para penikmat Kopi,

Ingin lebih menikmati kopi, sekaligus meningkatkan potensi libido, syahwat, dan sembuhkan frigiditas, serta termasuk cegah menopause dini?
Coba saja kopi yang akan anda nikmati berikan/taburkan 1/3 sachet produk yang satu ini:

Reximax

Kunjungi kami di:
Web: http://www.reximax.com
ID: SKY0004448
Pasword Login: 111111
HP/sms: 02137878828, 081807490541

Reximax adalah ramuan herbal yang diracik khusus dari bahan herbal alami dengan komposisi yang seimbang sehingga tidak ada efek samping berfungsi untuk meninggkatkan Vitalitas yang prima, meningkatkan kesuburan hormon, regenerasi sel, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Juga bermanfaat untuk therapy detoxifikasi, diabetes, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan impotensi, lemah syahwat dan frigiditas, memperlambat penuaan serta menopause dini.

Delapan Ramuan Alami Yang Terkandung Dalam Reximax untuk kehidupan yang lebih harmonis, terdiri dari :
TRIBULUS TERRESTRIS
PURWOCENG (Pimpinella Alpina)
PANAX GINSENG
TONGKAT ALI ( Eurycoma Longifola)
MACA ( Lepidium Perulianum Chacon )
MADU
KOPI
NON DAIRY CREAMERS (NDC)

Cara Penyajian & Pemakaiannya
Ambil 1/3 sachet Reximax langsung dicampurkan/ditaburkan dalam minuman kopi panas yang sudah tersedia dan siap saji, aduk sampai rata, dan langsung Anda nikmati dengan santai bersama kolega-kolega Anda baik dirumah maupun di Kafe-kafe dikota Anda.

Wisnu said...

terima kasih banyak omyosa udah mau mampir di blog saya... dan terima kasih juga atas saran serta tips nya

Anonymous said...

SEDAAP

dotgi said...

bagus brooo,,, siiiip tulisannya

Wisnu said...

hehe... makasih bro :)

Post a Comment