"Berkhayal lah seluas biru langit, berpikir lah sedalam biru laut, horizontal sama rata sama rasa. Buka jendelamu lalu pandanglah, buka pintumu ayo keluarlah, bebas lepas lepaskan kebebasan. Jangan takut keluarlah, hadapi dunia dengan menari" [Slank Dance].

Monday 5 July 2010

Jurus Tandur No. 18



Alhamdulillah, awal bulan Juli ini saya berkesempatan membeli album baru dari SLANK yang ber-merk Jurus Tandur No. 18. Album ini merupakan album rekaman ke-18, adapun maksud dari Jurus Tandur tersebut adalah singkatan dari Maju Terus, Pantang Mundur [kreatif kan? hehehe... Hayo sopo ngomong gak kreatif? Tak thutuk lho hahaha...].

Album ini diproduksi dalam bentuk CD [dibandrol dengan harga Rp. 50.000;] dan Kaset [dibandrol dengan harga Rp. 35.000;], masing-masing dapat bonus sebuah kaos. Sebenarnya saya ingin beli CD-nya tapi ternyata stoknya sudah habis, akhirnya terpaksa beli Kaset deh. Unik... itu ucapan pertama yang keluar dari mulut saya, karena apa?? Karena eh karena tempat kaset bukan berupa kaca/plastik mika seperti kaset pada umumnya, melainkan berupa kertas biasa yang di tempel alias menyatu dengan teks lirik album.

Tiap mengeluarkan album, SLANK selalu membuat motto atau jargon atau pesan kecil atau apa ya namanya... saya sendiri bingung menyebutnya, yang jelas kalimat kecil tersebut ditujukan untuk mewakili album yang dikeluarkan. Contohnya : Di album Minoritas [album ke-5], SLANK menulis : "Slank itu adalah Kaum Minoritas yang memainkan musik minor dan bercerita tentang hal-hal minor bangsa Indonesia. Tapi... kecil-kecil cabe rawit". Contoh lain di album Virus [album ke-10], SLANK menulis : "Bisa dilemahkan gak bisa dimatikan... Gak terlihat tapi melumpuhkan... Virus Slank".

Nah di album baru ini, SLANK juga menulis kalimat kecil yang mewakili album Jurus Tandur No. 18, isi kalimat tersebut : "Slank adalah ramuan tradisional asli buatan Indonesia berkwalitas Internasional yang ampuh mencegah parno, klepto, culas, muna', marux, rese' & sotoy... Dijamin tokcer!!!". Hahaha... unik, polos, dan bermakna. Album ini berisi 17 lagu baru yang lirik-liriknya teramu dari berbagai macam bahan, mulai dari hal percintaan, kritik sosial politik, penyemangat hidup, dan alam. Secara umum lagu-lagunya terkonsep dengan baik yang dibalut nuansa rock 'n roll yang cukup kental.

Berikut saya sampaikan sedikit penilaian tentang lagu-lagu SLANK di album Jurus Tandur No. 18. Penilaian ini bersifat subjektif belaka [hanya berdasarkan telinga dan hati saya], tidak ada unsur sok tahu ataupun SARA [haiyah...].

Lagu Side-A :
  • Biar Happy : Ini merupakan salah satu lagu favorit saya, bikin angguk-angguk kepala hahaha... Lagu ini bernuansa balada yang di mix sedemikian rupa dengan nuansa rock, blues, tango [halah... bingung nyebutnya], pokoknya kaya' lagu-lagunya Koboi itu lah hehehe... Lagu ini bercerita tentang pengungkapan isi hati atau uneg-uneg biar lega dan happy.
  • Balik Telapak Tangan : Lagu ini dinyanyikan oleh Mas Bim-bim [drummer]. Isi lagu ini mengajarkan agar kita hati-hati dalam mengungkangkan pikiran dan pembicaraan. Jangan asal ngomong dan jangan lelah untuk selalu berusaha, mungkin itu yang bisa saya tangkap dari lagu ini.
  • Kukejar & Kutangkap Kau (KKK) : SLANK menggaet artis Fahrani untuk menemani Mas Kaka mengisi vokal di lagu ini. Lagu ini berbicara tentang kesetiaan dalam berhubungan [tsaaah...]. Nge-rock dan cocok didengarkan oleh mereka yang sedang berpacaran hehehe...
  • Lagi : Berkisah tentang insan yang putus dalam membina suatu hubungan dan berkeinginan untuk mencoba lagi membangun hubungan tersebut [alamak... nggak kuat penilaian saya yang satu ini hahaha...]. Sebenarnya hubungan kan nggak selalu pacaran ya.. Bisa pertemanan, bisnis, atau yang lain, tergantung mau dibaca dari sudut mana.
  • Kau yang Mulai : Entahlah... sedikit bingung mendeskripsikan tentang lagu ini. Yang saya tangkap sih ini masalah kemampuan kaum Hawa untuk menggoda kaum Adam hehehe...
  • 4some Fun : Intinya sih bicara tentang kejujuran. Ngomong apa adanya lebih baik dari pada bohong dan maen umpet-umpetan.
  • Menyakitimu : Wah ini juga salah satu favorit. So sweet... [halah] Tapi memang beneran kok, layak didengarkan bagi kalian yang sedang falling in love, apalagi mendengarkan lagunya malam-malam sendirian di kamar, jangan lupa matikan lampu dan resapi isi lagu ini, wuih... bikin mata berkaca-kaca, pokoke mrebes mili [pengalaman pribadi... hahaha...]. Lagu yang kalem tanpa ada suara drum dan efek distorsi, hanya didominasi suara piano.
  • May Day : Yah... melihat judulnya saja saya kira anda paham tentang isi lagu ini. Yup... lagu ini berisi kritikan tentang masih banyaknya pengangguran dan kurang terjaminnya kesejahteraan pekerja [buruh] di negeri Indonesia tercinta.

Lagu Side-B
  • My Brother Is Dead : Kritik sosial tentang mulai pudarnya rasa solidaritas dan persaudaraan. Yah... kenyataannya yang ada sekarang memang banyak orang yang hanya memikirkan diri sendiri. Astaghfirullah... Naudzubillah.
  • OmDong : Musik rock nya asyik nih bikin kepala saya angguk-angguk lagi. Suara Bass Mas Ivan lumayan terdengar kenceng untuk menjaga tempo. Isi lagu ini menurut saya sih berisi kritik sosial tentang demokrasi di Indonesia yang sepertinya berjalan secara kebablasan [lihat saja dikit-dikit anarkis, dikit-dikit adu fisik... yang umumnya mengatas namakan demokrasi].
  • Bobrokisasi-Borokisme : Hahaha... judulnya unik dan sedikit njlimet. Musiknya pun unik, campuran rock dan sedikit nuansa dangdut bikin body pendengar bergoyang hehehe... Isinya tidak lain dan tidak bukan berupa kritikan tentang bobroknya birokasi di Indonesia yang banyak dihiasi oleh borok-borok macam suap, sogok, korupsi dan lain sebagainya.
  • Merdeka : Musiknya berbau balada blues. Lagi-lagi berisi kritikan sosial politik, menariknya di sini SLANK berbicara seolah-olah sebagai sosok oknum bejat. Lihat saja salah satu lirik lagunya "Mengapa dipermudah, kalo' bisa dipersulit". "Kenapa juga pilih yang susah, kalo' ada yang minta disuapi". Kritikannya tentu saja kebalikan dari lirik tersebut.
  • Krisis Air : Berisi himbauan dan ajakan SLANK untuk menjaga sumber air dan berhemat air bersih yang akhir-akhir ini di kota-kota besar sudah mulai langka akibat global warming dan polusi. Dalam lagu ini artis Nadine Candrawinata juga menyumbangkan suaranya lewat Puisi "Air".
  • Resolusi Tahun Baru : Lagunya singkat berisi harapan dan semangat baru di tahun yang baru. Tiap tahun baru lagu ini rasanya wajib diperdengarkan untuk menggugah semangat kita.
  • Jurus Tandur : Lagu yang mewakili judul album baru. Berisi penyemangat hidup untuk selalu maju terus ke depan dan pantang mundur ke belakang walaupun banyak halangan dan rintangan yang menghadang.
  • Bola : Menurut saya BOLA = BObol gawang LAwan hehehe... Ya di lagu ini SLANK turut menyumbangkan yel-yelnya untuk menyemangati persepak bolaan Indonesia yang sepertinya loyo. Semoga dengan adanya lagu ini, persepak bolaan Indonesia bisa bangkit lagi. Amin.
  • Cemburu.com : Liriknya tidak disertakan dalam teks album. Ada keterangan bahwa lirik lagu ini bisa dilihat melalui official webnya SLANK di www.slank.com. Lagu ini berisi ungkapan hati orang yang sedang cemburu karena kekasihnya di indikasikan sedang dekat dan berselingkuh dengan temannya. [Halah... hiperbola kah saya??!!]
Itu tadi sedikit penilaian atau tanggapan atau review dari saya mengenai album Jurus Tandur No. 18 milik SLANK. Mohon maaf kalo' penilaian saya berbeda jauh dengan penilaian anda, dan mohon maaf juga kalo' penilaian saya ternyata berbeda jauh dengan maksud yang ingin disampaikan oleh SLANK melalu album tersebut.
Intinya album baru ini mantabz jaya dan layak untuk dikoleksi. Bagi anda yang penasaran, silahkan dapatkan Kaset dan CD nya di toko kaset terdekat yang ada di kota anda. PISS.

share on facebook

0 Komentar:

Post a Comment